RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
| Program
  Studi | : | Program
  Studi: S3 Studi Islam | 
| Konsentrasi
   | : | Dakwah dan
  Komunikasi | 
| Mata
  Kuliah | : | Sosiologi
  Komunikasi dan Dakwah | 
| Kode Mata
  Kuliah | : | P3401102 | 
| Bobot SKS | : | 3 SKS | 
| Semester | : | I, Ganjil,
  Tahun 2025 | 
| Dosen
  Pengampu | : | Prof. Dr.
  Iskandar Zulkarnain, M. Si dan Dr. Juni Wati Sri Rizki, S. Sos., M.A. | 
| Paradigma
  Keilmuan | : | Teo-Antropo-Ekosentris (Mengintegrasikan
  ketuhanan/transendensi, kemanusiaan, dan keberlanjutan ekologis sebagai satu
  kesatuan) | 
| Pendekatan
  Pembelajaran | : | Outcome Based
  Education (OBE) | 
A. Capaian Pembelajaran
Lulusan (CPL) yang didukung:
- CPL-1: Mampu mengembangkan pemikiran filosofis dan
     teoritis dalam bidang dakwah dan komunikasi Islam yang orisinal dan
     teruji.
- CPL-2: Mampu merancang dan melaksanakan penelitian
     independen dengan pendekatan interdisipliner dan multidisiplin untuk
     menghasilkan karya inovatif dan teruji dalam bidang dakwah dan komunikasi.
- CPL-3: Mampu mengelola, memanfaatkan, dan
     mengembangkan sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan
     masalah dakwah dan komunikasi kontemporer.
B. Capaian Pembelajaran Mata
Kuliah (CPMK):
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
- Menganalisis teori-teori sosiologi
     komunikasi dan dakwah secara kritis serta relevansinya dengan konteks
     masyarakat kontemporer.
- Mengevaluasi fenomena komunikasi dan
     dakwah di Indonesia dan global melalui lensa paradigma Teo-Antropo-Ekosentris.
- Merancang model atau strategi
     komunikasi-dakwah yang inovatif dan berkelanjutan untuk menjawab isu-isu
     aktual (sosial, digital, ekologis, dll.).
- Mengkreasi sebuah proposal penelitian
     atau karya akademik (paper) yang mengintegrasikan sosiologi komunikasi,
     dakwah, dan paradigma Teo-Antropo-Ekosentris.
C. Materi Pembelajaran:
| Pertemuan | Materi Pembelajaran (Pokok
   Bahasan/Sub Pokok Bahasan) | Referensi | 
| 1 | Pendahuluan: Memetakan Medan
  Kajian | (1) | 
| 2 | Dari Teori Klasik ke
  Kontemporer: Fondasi Sosiologis | (2) (3) | 
| 3 | Komunikasi sebagai
  Konstruksi Realitas Sosial | (3) (4) | 
| 4 | Dakwah di Era Disrupsi
  Digital | (5) (7) | 
| 5 | Isu Global:
  Multikulturalisme, Toleransi, dan Radikalisme | (5) (8) | 
| 6 | Isu Kontemporer Indonesia:
  Kelas, Gender, dan Keadilan Sosial | (6), (10) | 
| 7 | Ekologi dan Spiritualitas:
  Membaca Krisis Lingkungan | (8), (9), (10) | 
| 8 | Presentasi Proposal
  Penelitian Awal | - | 
| 9 | Metodologi Penelitian
  Kualitatif untuk Sosiologi Komunikasi Dakwah | (6) (10) (12) | 
| 10 | Analisis Data dan Penulisan
  Akademik | (6) | 
| 11-13 | Workshop dan Konsultasi
  Proposal Penelitian | - | 
| 14 | Presentasi Proposal
  Penelitian Final | - | 
| 15 | Refleksi Akhir: Masa Depan
  Sosiologi Komunikasi dan Dakwah | - | 
| 16 | Ujian Akhir Semester | - | 
D. Penilaian dan Evaluasi
(Aligning dengan CPMK):
| No | Komponen Penilaian | Bobot | Bentuk Tugas | Keterkaitan dengan CPMK | 
| 1 | Partisipasi & Pemimpin
  Diskusi | 15% | Keaktifan dalam diskusi kelas
  dan memimpin diskusi satu topik. | CPMK-1, CPMK-2 | 
| 2 | Critical Review Jurnal | 20% | Mereview 2 jurnal internasional
  terkait topik perkuliahan dengan sudut pandang Teo-Antropo-Ekosentris.
  (1000-1500 kata). | CPMK-1, CPMK-2 | 
| 3 | Analisis Kasus | 25% | Makalah analisis terhadap satu
  fenomena aktual (misal: kasus hoaks agama, dakwah ekologi suatu komunitas,
  dll.) menggunakan teori sosiologi dan paradigma Teo-Antropo-Ekosentris.
  (2000-2500 kata). | CPMK-2, CPMK-3 | 
| 4 | Proposal Penelitian Final | 40% | Proposal penelitian lengkap
  (Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tinjauan Pustaka, Metode) yang siap untuk
  dijadikan disertasi atau paper publikasi. | CPMK-3, CPMK-4 | 
E. Rincian Tugas untuk Setiap
Pertemuan (Pembelajaran Berbasis OBE):
- Pertemuan 1-3: Tugas menelaah teori-teori dasar dasar dan menyiapkan 3 pertanyaan reflektif untuk didiskusikan di kelas.
- Pertemuan 4: Tugas 1 (Critical
     Review Jurnal) - Mencari dan mereview jurnal tentang
     "Mediatisasi Dakwah".
- Pertemuan 5: Diskusi kelompok tentang
     studi kasus polarisasi media sosial di Indonesia.
- Pertemuan 6: Tugas 2 (Analisis
     Kasus) - Memilih satu isu (gender/kelas) dan menganalisisnya
     melalui perspektif sosiologi komunikasi.
- Pertemuan 7: Diskusi dan refleksi:
     "Bagaimana merumuskan fikih ekologi untuk konteks Indonesia?"
- Pertemuan 8: Presentasi Proposal
     Awal - Setiap mahasiswa presentasi 10 menit + 10 menit diskusi.
- Pertemuan 9-10: Workshop analisis data
     dari contoh kasus nyata.
- Pertemuan 11-13: Konsultasi individu
     dan kelompok untuk penyempurnaan proposal.
- Pertemuan 14: Presentasi Proposal
     Final.
- Pertemuan 15: Refleksi tertulis
     individu tentang pembelajaran selama satu semester.
F. Referensi:
[1] Utama:
- 1. Sarbini, Ahmad (2021), Sosiologi Dakwah, Edisi Revisi, Cetakan I, Simbios Rekatama Media
- 2. Turner, Jonathan H. (2001). Handbook of Sociological Theory. Springer
- 3. Perdue, William D. (1986). Sociological Theory: Explanation, Paradigm and Ideology. Mayfield Publishing Company
- 4. Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The
     Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge.
     Anchor Books.
- 5. Castells, M. (2010). The Rise of the
     Network Society (2nd ed.). Wiley-Blackwell.
- 6. Cresswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative
     Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th
     ed.). SAGE Publications.
- 7. Hidayat, K., & Hafidhuddin, D. (2021). Dakwah
     dan Tantangan Era Digital. PT RajaGrafindo Persada.
- 8. Nasr, S. H. (1996). Religion and the Order of Nature. Oxford University Press.
[2] Pendukung (Relevan dengan
Teo-Antropo-Ekosentris & Isu Aktual):
- 9. Ammerman, N. T. (Ed.). (2006). Everyday Religion: Observing Modern Religious Lives. Oxford University Press.
- 10. Kersten, C. (2017). Islam and the
     Devout Society: The Islamist Project of Morality and Welfare in Indonesia.
     Routledge. (Membahas dakwah dan isu sosial).
- 11. Postill, J. (2018). The Rise of Nerd
     Politics: Digital Activism and Political Change. Pluto Press. (Relevan
     untuk aktivisme digital termasuk keagamaan).
- 12. Rizki, Juni Wati Sri. (2016). Kepemilikan Media dan Ideologi Pemberitaan. Deepublish
[3] Jurnal Ilmiah:
- Journal of Communication and Religion
- Journal of Contemporary Religion
- Journal of Sociology of Islam (Brill)
- Indonesian Journal of Communication and Media
     Studies
- Journal of Digital Social Research
 
 
 
0 Comments