RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah : Teori-Teori Komunikasi
Kode Mata Kuliah : C1201306
Bobot SKS : 2 SKS (16 Pertemuan)
Program Studi : Komunikasi dan Penyiaran
Islam (KPI)
Semester : 3 (Tiga)
Paradigma
Keilmuan : Teoantropoekosentris
Pendekatan Pembelajaran : Outcome-Based
Education (OBE)
Dosen Pengampu :
Dr. Juni Wati Sri Rizki, S. Sos., M.A.
I. CAPAIAN PEMBELAJARAN
A. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan
pada mata kuliah:
·
Mampu menerapkan pemikiran kritis dan konseptual
dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam berdasarkan nilai-nilai keislaman
dan keindonesiaan.
·
Mampu mengembangkan teori dan praktik komunikasi
dengan pendekatan inter dan transdisipliner yang relevan dengan konteks sosial,
budaya, dan ekologis.
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
1. Mengidentifikasi
dan menjelaskan konsep dasar, sejarah, serta klasifikasi teori-teori
komunikasi utama (klasik hingga kontemporer).
2. Menganalisis
kelebihan, kekurangan, serta konteks aplikasi dari berbagai teori komunikasi
dengan pendekatan kritis.
3. Mengintegrasikan
perspektif Teoantropo-Ekosentris untuk mengkritisi dan merekonstruksi
teori-teori komunikasi Barat yang antroposentris.
4. Merancang
sebuah model atau strategi komunikasi (e.g., dakwah, penyiaran, kampanye
sosial) yang berbasis pada nilai-nilai Tepantropoekosentris
II. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas secara kritis teori-teori
komunikasi dari berbagai mazhab (komunikasi manusia, media, budaya, dan
teknologi) serta perkembangan pemikiran di dalamnya. Perkuliahan tidak hanya
bersifat eksplanatori tetapi juga transformatif, dengan mengajak mahasiswa
untuk mengkritisi teori-teori yang lahir dari paradigma Barat yang
antroposentris dan materialistik, lalu merekonstruksinya melalui lensa
paradigma Teoantropoekosentris yang bersumber dari nilai-nilai Islam
(Tauhid) dan tanggung jawab sebagai manusia terhadap kelestarian alam (khalifah
fil ardh). Mahasiswa akan didorong untuk merumuskan pendekatan komunikasi yang
lebih relevan dan transformatif untuk konteks keindonesiaan dan dunia Islam.
III. RENCANA PEMBELAJARAN PER PERTEMUAN
Pert |
Materi Pembelajaran |
Strategi Pembelajaran (Student Center) |
Tugas & Penilaian |
Referensi |
1 |
Pengantar & Kontrak Kuliah: |
Ceramah Interaktif, Diskusi Kelas, Tanya Jawab. Dosen
memetakan pikiran mahasiswa tentang "komunikasi" dan memperkenalkan
paradigma baru. |
Tugas 1: Membuat esai refleksi singkat (500
kata) tentang "Apa itu Komunikasi yang Islami dan Ramah
Lingkungan?" |
1, 2 |
2 |
Fondasi Filosofis: |
Studi Kasus Kecil: Menganalisis fenomena
komunikasi sehari-hari (cth: iklan, berita) dari sudut pandang filosofis yang
berbeda. Diskusi kelompok. |
Partisipasi Aktif dalam diskusi kelompok. |
1, 3, 4 |
3 |
Sejarah & Klasifikasi Teori Komunikasi: |
Ceramah & Presentasi. Peta konsep besar
teori komunikasi. Mahasiswa aktif mencatat dan bertanya. |
Kuis 1: Mengenali aliran pemikiran dalam
teori. |
1, 5 |
4 |
Teori Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal
(Bag. 1): |
Diskusi & Simulasi. Mahasiswa
mempresentasikan analisis teori lalu mensimulasikan bagaimana konsep muhasabah dapat
memperkaya teori tersebut. |
Tugas Kelompok 1: Presentasi analisis singkat
satu teori. |
1, 2, 5 |
5 |
Teori Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal
(Bag. 2): |
Role-Play. Mahasiswa melakukan role-play
komunikasi interpersonal yang mengaplikasikan teori dan nilai Islami. |
Observasi terhadap kemampuan role-play dan
analisis. |
1, 2, 5 |
6 |
Teori Komunikasi Kelompok & Organisasi: |
Studi Kasus Organisasi. Menganalisis kasus
nyata (e.g., organisasi kemasyarakatan Islam) menggunakan teori dan lensa
syura. |
Tugas Individu 2: Membuat analisis singkat
studi kasus. |
1, 5, 6 |
7 |
Ujian Tengah Semester (UTS) - Tugas Projek |
Presentasi Projek Awal. Mahasiswa
mempresentasikan proposal proyek akhir: "Merancang Strategi
Komunikasi Berbasis Teoantropo-Ekosentris". |
Nilai Proposal (Kriteria: Orisinalitas,
Relevansi, Kerangka Teoretis). |
- |
8 |
Teori Komunikasi Massa (Bag. 1): |
Analisis Konten Media. Menganalisis
pemberitaan di media nasional terkait isu lingkungan atau sosial dengan
kacamata framing dan tanggung jawab ilahi. |
Tugas Kelompok 2: Presentasi hasil analisis
konten media. |
1, 5, 7 |
9 |
Teori Komunikasi Massa (Bag. 2): |
Diskusi Panel. Membahas dominasi korporasi
media dan alternatif model media berbasis komunitas dan nilai-nilai Islam. |
Partisipasi dalam diskusi panel. |
1, 5, 8 |
10 |
Teori Komunikasi Budaya & Teknologi (Bag. 1): |
Diskusi & Refleksi. Membahas dampak media
sosial terhadap relasi manusia dan alam, serta solusi etis Islami. |
Reflection Paper tentang pola penggunaan media
sosial pribadi. |
1, 5, 9 |
11 |
Teori Komunikasi Budaya & Teknologi (Bag. 2): |
Seminar Kecil. Membandingkan pandangan
postmodern dengan konsep kebenaran dalam Islam. |
Partisipasi dalam seminar. |
1, 5, 10 |
12 |
Teori Komunikasi dalam Perspektif Islam: |
Halaqah & Tadabbur Ayat. Mendiskusikan dan
menghayati ayat-ayat komunikasi secara mendalam. |
Tugas Individu 3: Menafsirkan satu
konsep Qaulan dan kaitannya dengan teori komunikasi modern. |
2, 6, 11 |
13 |
Komunikasi Lingkungan & Ekosentris: |
Workshop. Merancang pesan kampanye lingkungan
(e.g., sampah, air) yang menggunakan nilai-nilai keislaman. |
Nilai Produk pesan kampanye (flyer, script
iklan). |
12, 13 |
14 |
Integrasi & Rekonstruksi Teori: |
Diskusi Kelas Besar. Brainstorming bersama
dosen untuk merekonstruksi sebuah teori pilihan menjadi lebih integratif. |
Partisipasi Aktif dalam brainstorming. |
1, 2, 3 |
15 |
Presentasi Projek Akhir |
Seminar. Setiap kelompok mempresentasikan
proyek akhir mereka secara lengkap di depan kelas. |
Nilai Presentasi (Kriteria: Kedalaman,
Kreativitas, Kelayakan). |
- |
16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) - Review & Refleksi |
Refleksi Final. Mereview seluruh capaian
pembelajaran, merefleksikan perjalanan perkuliahan, dan memberikan umpan
balik. |
Peer Assessment dan Self-Assessment terhadap
proyek akhir. |
- |
IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
1. Student-Centered
Learning (SCL): Mahasiswa aktif melalui diskusi, presentasi, simulasi, dan
proyek.
2. Case-Based
Learning: Penggunaan studi kasus nyata dari dunia penyiaran, media, dan
dakwah untuk kontekstualisasi teori.
3. Collaborative
Learning: Pembelajaran melalui kerja kelompok dalam proyek dan diskusi.
4. Halaqah
Ilmiah: Menciptakan atmosfer diskusi keilmuan yang terbuka dan menghargai
perbedaan pendapat berdasarkan etika Islam.
5. Project-Based
Learning (PjBL): Pembelajaran berbasis proyek nyata (rancang strategi
komunikasi) yang mengintegrasikan seluruh CPMK.
V. PENILAIAN (ASSESSMENT)
Penilaian didasarkan pada OBE dan mengacu pada CPMK.
·
Kehadiran, Sikap, serta Partisipasi &
Refleksi (10%): Keaktifan dalam diskusi dan kualitas refleksi.
·
Tugas Terstruktur (15%): Tugas individu
dan kelompok (analisis, paper, presentasi).
·
Tugas Nonterstruktur (15%): Proyek
·
UTS (25%): Nilai proposal proyek.
·
UAS (35%): Assessment.
VI. REFERENSI
Utama:
1. Littlejohn,
S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2021). Theories of Human
Communication (12th ed.). Waveland Press.
2. West, Richard, Turner, Lynn, H. (2008) Introducing Communication Theory: Analysis and Application. MC Graw Hill
3. Kuntowijoyo.
(2006). Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Mizan.
4. Nasr,
S. H. (2007). The Sacred Nature of the Environment: A Islamic Perspective.
dalam The Essential Seyyed Hossein Nasr.
5. Griffin,
E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2019). A First Look at Communication
Theory (10th ed.). McGraw-Hill.
Pendukung:
6.
Al-Qur'an
dan Terjemahannya (Khususnya ayat-ayat tentang komunikasi).
7. Ihromi, T. O. (Ed.). (2019). Bunga Rampai
Teori Komunikasi. Universitas Indonesia Press.
8. Mosco, V. (2009). The Political Economy of
Communication. SAGE Publications.
9. Postman, N. (2005). Amusing Ourselves to
Death. Penguin Books.
10. Feenberg,
A. (2017). Critical Theory of Technology. dalam The Handbook of
Science and Technology Studies.
11. Hafied
Cangara. (2016). Komunikasi Islam. Rajawali Pers.
12. Cox,
R. (2012). Environmental Communication and the Public Sphere. SAGE
Publications.
13. Keraf,
A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Kompas.
0 Comments