RPS TEORI-TEORI KOMUNIKASI S1 KPI

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

 

Mata Kuliah                                : Teori-Teori Komunikasi
Kode Mata Kuliah                      : C1201306
Bobot SKS                                    : 2 SKS (16 Pertemuan)
Program Studi                            : Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Semester                                      : 3 (Tiga)

Paradigma Keilmuan                 : Teoantropoekosentris
Pendekatan Pembelajaran         : Outcome-Based Education (OBE)
Dosen Pengampu                        : Dr. Juni Wati Sri Rizki, S. Sos., M.A.

 

I. CAPAIAN PEMBELAJARAN

A. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah:

·       Mampu menerapkan pemikiran kritis dan konseptual dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam berdasarkan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan.

·       Mampu mengembangkan teori dan praktik komunikasi dengan pendekatan inter dan transdisipliner yang relevan dengan konteks sosial, budaya, dan ekologis.

 

B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:

1.     Mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar, sejarah, serta klasifikasi teori-teori komunikasi utama (klasik hingga kontemporer).

2.     Menganalisis kelebihan, kekurangan, serta konteks aplikasi dari berbagai teori komunikasi dengan pendekatan kritis.

3.     Mengintegrasikan perspektif Teoantropo-Ekosentris untuk mengkritisi dan merekonstruksi teori-teori komunikasi Barat yang antroposentris.

4.     Merancang sebuah model atau strategi komunikasi (e.g., dakwah, penyiaran, kampanye sosial) yang berbasis pada nilai-nilai Tepantropoekosentris


II. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas secara kritis teori-teori komunikasi dari berbagai mazhab (komunikasi manusia, media, budaya, dan teknologi) serta perkembangan pemikiran di dalamnya. Perkuliahan tidak hanya bersifat eksplanatori tetapi juga transformatif, dengan mengajak mahasiswa untuk mengkritisi teori-teori yang lahir dari paradigma Barat yang antroposentris dan materialistik, lalu merekonstruksinya melalui lensa paradigma Teoantropoekosentris yang bersumber dari nilai-nilai Islam (Tauhid) dan tanggung jawab sebagai manusia terhadap kelestarian alam (khalifah fil ardh). Mahasiswa akan didorong untuk merumuskan pendekatan komunikasi yang lebih relevan dan transformatif untuk konteks keindonesiaan dan dunia Islam.


III. RENCANA PEMBELAJARAN PER PERTEMUAN

Pert

Materi Pembelajaran

Strategi Pembelajaran (Student Center)

Tugas & Penilaian

Referensi

1

Pengantar & Kontrak Kuliah:
• Penjelasan RPS, CPMK, dan sistem OBE.
• Memahami Paradigma Teoantropo-Ekosentris sebagai lensa utama.

Ceramah Interaktif, Diskusi Kelas, Tanya Jawab. Dosen memetakan pikiran mahasiswa tentang "komunikasi" dan memperkenalkan paradigma baru.

Tugas 1: Membuat esai refleksi singkat (500 kata) tentang "Apa itu Komunikasi yang Islami dan Ramah Lingkungan?"

1, 2

2

Fondasi Filosofis:
• Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Ilmu Komunikasi.
• Kritik atas Paradigma Antroposentris-Barat.
• Fondasi Filsafat Komunikasi Islam & Teoantropoekosentris.

Studi Kasus Kecil: Menganalisis fenomena komunikasi sehari-hari (cth: iklan, berita) dari sudut pandang filosofis yang berbeda. Diskusi kelompok.

Partisipasi Aktif dalam diskusi kelompok.

1, 3, 4

3

Sejarah & Klasifikasi Teori Komunikasi:
• Aliran Pemikiran (Positivisme, Interpretif, Kritis).
• Konteks Kelahiran Teori Komunikasi Modern.

Ceramah & Presentasi. Peta konsep besar teori komunikasi. Mahasiswa aktif mencatat dan bertanya.

Kuis 1: Mengenali aliran pemikiran dalam teori.

1, 5

4

Teori Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal (Bag. 1):
• Cognitive Dissonance, Expectancy Violations Theory.
Analisis Teoantropo: Konsep Muhasabah dan Ihsan dalam komunikasi intrapersonal.

Diskusi & Simulasi. Mahasiswa mempresentasikan analisis teori lalu mensimulasikan bagaimana konsep muhasabah dapat memperkaya teori tersebut.

Tugas Kelompok 1: Presentasi analisis singkat satu teori.

1, 2, 5

5

Teori Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal (Bag. 2):
• Communication Accommodation Theory, Social Penetration Theory.
Analisis Teoantropo: Konsep Qaulan Sadidan (perkataan yang benar) dan Tawadhu'.

Role-Play. Mahasiswa melakukan role-play komunikasi interpersonal yang mengaplikasikan teori dan nilai Islami.

Observasi terhadap kemampuan role-play dan analisis.

1, 2, 5

6

Teori Komunikasi Kelompok & Organisasi:
• Groupthink, Organizational Culture Theory.
Analisis Teoantropo: Konsep Syura (musyawarah), Amar Ma'ruf Nahi Munkar, dan etika kerja dalam Islam.

Studi Kasus Organisasi. Menganalisis kasus nyata (e.g., organisasi kemasyarakatan Islam) menggunakan teori dan lensa syura.

Tugas Individu 2: Membuat analisis singkat studi kasus.

1, 5, 6

7

Ujian Tengah Semester (UTS) - Tugas Projek

Presentasi Projek Awal. Mahasiswa mempresentasikan proposal proyek akhir: "Merancang Strategi Komunikasi Berbasis Teoantropo-Ekosentris".

Nilai Proposal (Kriteria: Orisinalitas, Relevansi, Kerangka Teoretis).

-

8

Teori Komunikasi Massa (Bag. 1):
• Agenda Setting, Framing, Cultivation Analysis.
Analisis Teoantropo: Kritik atas media yang mendewakan rating (antroposentris) vs. fungsi media sebagai muzakki (pemberi pencerahan).

Analisis Konten Media. Menganalisis pemberitaan di media nasional terkait isu lingkungan atau sosial dengan kacamata framing dan tanggung jawab ilahi.

Tugas Kelompok 2: Presentasi hasil analisis konten media.

1, 5, 7

9

Teori Komunikasi Massa (Bag. 2):
• Political Economy of Media, Cultural Studies.
Analisis Teoantropo: Konsep kepemilikan (milkiyah) dalam Islam dan tanggung jawabnya terhadap ekosistem informasi.

Diskusi Panel. Membahas dominasi korporasi media dan alternatif model media berbasis komunitas dan nilai-nilai Islam.

Partisipasi dalam diskusi panel.

1, 5, 8

10

Teori Komunikasi Budaya & Teknologi (Bag. 1):
• Diffusion of Innovation, Media Ecology.
Analisis Teoantropo: Teknologi sebagai ayat kauniyah, tanggung jawab khalifah dalam memanfaatkan teknologi.

Diskusi & Refleksi. Membahas dampak media sosial terhadap relasi manusia dan alam, serta solusi etis Islami.

Reflection Paper tentang pola penggunaan media sosial pribadi.

1, 5, 9

11

Teori Komunikasi Budaya & Teknologi (Bag. 2):
• Critical Theory of Technology, Postmodernism.
Analisis Teoantropo: Menolak dekonstruksi tanpa batas, mencari kebenaran transenden (haqiqah) dalam komunikasi.

Seminar Kecil. Membandingkan pandangan postmodern dengan konsep kebenaran dalam Islam.

Partisipasi dalam seminar.

1, 5, 10

12

Teori Komunikasi dalam Perspektif Islam:
• Konsep Qaulan dalam Al-Qur'an (Qaulan Sadidan, Balighan, Ma'rufan, Kariman, Layyinan).
• Komunikasi Profetik (Kuntowijoyo).

Halaqah & Tadabbur Ayat. Mendiskusikan dan menghayati ayat-ayat komunikasi secara mendalam.

Tugas Individu 3: Menafsirkan satu konsep Qaulan dan kaitannya dengan teori komunikasi modern.

2, 6, 11

13

Komunikasi Lingkungan & Ekosentris:
• Environmental Communication, Ecofeminism.
Sintesis Teoantropo: Komunikasi dakwah yang mengintegrasikan pesan tauhid dengan konservasi alam.

Workshop. Merancang pesan kampanye lingkungan (e.g., sampah, air) yang menggunakan nilai-nilai keislaman.

Nilai Produk pesan kampanye (flyer, script iklan).

12, 13

14

Integrasi & Rekonstruksi Teori:
• Memetakan kembali peta teori komunikasi dengan paradigma Teoantropo-Ekosentris.
• Menuju Teori Komunikasi Transformatif.

Diskusi Kelas Besar. Brainstorming bersama dosen untuk merekonstruksi sebuah teori pilihan menjadi lebih integratif.

Partisipasi Aktif dalam brainstorming.

1, 2, 3

15

Presentasi Projek Akhir

Seminar. Setiap kelompok mempresentasikan proyek akhir mereka secara lengkap di depan kelas.

Nilai Presentasi (Kriteria: Kedalaman, Kreativitas, Kelayakan).

-

16

Ujian Akhir Semester (UAS) - Review & Refleksi

Refleksi Final. Mereview seluruh capaian pembelajaran, merefleksikan perjalanan perkuliahan, dan memberikan umpan balik.

Peer Assessment dan Self-Assessment terhadap proyek akhir.

-

 

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN

1.     Student-Centered Learning (SCL): Mahasiswa aktif melalui diskusi, presentasi, simulasi, dan proyek.

2.     Case-Based Learning: Penggunaan studi kasus nyata dari dunia penyiaran, media, dan dakwah untuk kontekstualisasi teori.

3.     Collaborative Learning: Pembelajaran melalui kerja kelompok dalam proyek dan diskusi.

4.     Halaqah Ilmiah: Menciptakan atmosfer diskusi keilmuan yang terbuka dan menghargai perbedaan pendapat berdasarkan etika Islam.

5.     Project-Based Learning (PjBL): Pembelajaran berbasis proyek nyata (rancang strategi komunikasi) yang mengintegrasikan seluruh CPMK.


V. PENILAIAN (ASSESSMENT)

Penilaian didasarkan pada OBE dan mengacu pada CPMK.

·       Kehadiran, Sikap, serta Partisipasi & Refleksi (10%): Keaktifan dalam diskusi dan kualitas refleksi.

·       Tugas Terstruktur (15%): Tugas individu dan kelompok (analisis, paper, presentasi).

·       Tugas Nonterstruktur (15%): Proyek

·       UTS (25%): Nilai proposal proyek.

·       UAS (35%): Assessment.


VI. REFERENSI

Utama:

1.      Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2021). Theories of Human Communication (12th ed.). Waveland Press.

2.   West, Richard, Turner, Lynn, H. (2008) Introducing Communication Theory: Analysis and Application. MC Graw Hill

3.      Kuntowijoyo. (2006). Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Mizan.

4.      Nasr, S. H. (2007). The Sacred Nature of the Environment: A Islamic Perspective. dalam The Essential Seyyed Hossein Nasr.

5.      Griffin, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2019). A First Look at Communication Theory (10th ed.). McGraw-Hill.

Pendukung:

6.       Al-Qur'an dan Terjemahannya (Khususnya ayat-ayat tentang komunikasi).

7.       Ihromi, T. O. (Ed.). (2019). Bunga Rampai Teori Komunikasi. Universitas Indonesia Press.

8.       Mosco, V. (2009). The Political Economy of Communication. SAGE Publications.

9.       Postman, N. (2005). Amusing Ourselves to Death. Penguin Books.

10.  Feenberg, A. (2017). Critical Theory of Technology. dalam The Handbook of Science and Technology Studies.

11.  Hafied Cangara. (2016). Komunikasi Islam. Rajawali Pers.

12.  Cox, R. (2012). Environmental Communication and the Public Sphere. SAGE Publications.

13.  Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Kompas.

 

Post a Comment

0 Comments