RPS SOSIOLOGI KOMUNIKASI DAN DAKWAH (S3)

              

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Program Studi

:

Program Studi: S3 Studi Islam

Konsentrasi

:

Dakwah dan Komunikasi

Mata Kuliah

:

Sosiologi Komunikasi dan Dakwah

Kode Mata Kuliah

:

P3401102

Bobot SKS

:

3 SKS

Semester

:

I, Ganjil, Tahun 2025

Dosen Pengampu

:

Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain, M. Si dan Dr. Juni Wati Sri Rizki, S. Sos., M.A.

Paradigma Keilmuan

:

Teo-Antropo-Ekosentris (Mengintegrasikan ketuhanan/transendensi, kemanusiaan, dan keberlanjutan ekologis sebagai satu kesatuan)

Pendekatan Pembelajaran

:

Outcome Based Education (OBE)

 

A. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang didukung:

  • CPL-1: Mampu mengembangkan pemikiran filosofis dan teoritis dalam bidang dakwah dan komunikasi Islam yang orisinal dan teruji.
  • CPL-2: Mampu merancang dan melaksanakan penelitian independen dengan pendekatan interdisipliner dan multidisiplin untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji dalam bidang dakwah dan komunikasi.
  • CPL-3: Mampu mengelola, memanfaatkan, dan mengembangkan sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah dakwah dan komunikasi kontemporer.

B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:

  1. Menganalisis teori-teori sosiologi komunikasi dan dakwah secara kritis serta relevansinya dengan konteks masyarakat kontemporer.
  2. Mengevaluasi fenomena komunikasi dan dakwah di Indonesia dan global melalui lensa paradigma Teo-Antropo-Ekosentris.
  3. Merancang model atau strategi komunikasi-dakwah yang inovatif dan berkelanjutan untuk menjawab isu-isu aktual (sosial, digital, ekologis, dll.).
  4. Mengkreasi sebuah proposal penelitian atau karya akademik (paper) yang mengintegrasikan sosiologi komunikasi, dakwah, dan paradigma Teo-Antropo-Ekosentris.

 

C. Materi Pembelajaran:

Pertemuan

Materi Pembelajaran (Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan)

Referensi

1

Pendahuluan: Memetakan Medan Kajian
• Ruang lingkup Sosiologi Komunikasi dan Dakwah.
• Paradigma Teo-Antropo-Ekosentris: Fondasi Filosofis dan Relevansinya.
• Penjelasan Sistem Pembelajaran OBE dan Penilaian.

(1)

2

Dari Teori Klasik ke Kontemporer: Fondasi Sosiologis
• Relevansi Pemikiran Mead, Comte, Durkheim, Weber, Dahrendof, dan Marx dalam Memahami Komunikasi Agama.
• Teori Strukturasi (Giddens) dan Modal Sosial (Bourdieu) dalam Praktik Dakwah.

(2) (3)

3

Komunikasi sebagai Konstruksi Realitas Sosial
• Konstruktivisme Sosial (Berger & Luckmann).
• Framing, Agenda Setting, dan Hegemoni dalam Wacana Keagamaan.

(3) (4)

4

Dakwah di Era Disrupsi Digital
• Sosiologi Media Baru dan Masyarakat Jaringan (Castells).
• Mediatisasi Agama: Otentisitas, Otoritas, dan Komodifikasi.
• Isu Aktual: Influencer Dakwah, Hoaks Keagamaan, dan Ekosistem Digital.

(5) (7)

5

Isu Global: Multikulturalisme, Toleransi, dan Radikalisme
• Komunikasi Lintas Budaya dan Agama.
• Sosiologi Konflik dan Rekonsiliasi.
• Isu Aktual: Polarisasi Sosial, Ujaran Kebencian (hate speech), dan Gerakan Transnasional.

(5) (8)

6

Isu Kontemporer Indonesia: Kelas, Gender, dan Keadilan Sosial
• Sosiologi Komunikasi dari Perspektif Subaltern dan Feminis.
• Dakwah dan Isu-Isu Keadilan (al-‘Adl).
• Isu Aktual: Dakwah Inklusif, Perempuan dan Otoritas Keagamaan, Kemiskinan.

(6), (10)

7

Ekologi dan Spiritualitas: Membaca Krisis Lingkungan
• Sosiologi Lingkungan.
• Fikih Ekologi dan Konsep Khalifah.
• Isu Aktual: Dakwah Ekologis, Gerakan Sosial Berbasis Agama untuk Lingkungan.

(8), (9), (10)

8

Presentasi Proposal Penelitian Awal
• Mahasiswa mempresentasikan ide dan outline proposal penelitian akhir.

-

9

Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Sosiologi Komunikasi Dakwah
• Etnografi Virtual, Analisis Wacana Kritis, Netnografi.
• Pendekatan Partisipatoris dan Action Research.

(6) (10) (12)

10

Analisis Data dan Penulisan Akademik
• Teknik analisis data kualitatif.
• Menulis untuk Dampak: Karya Akademik yang Relevan dengan Masalah Sosial.

(6)

11-13

Workshop dan Konsultasi Proposal Penelitian
• Diskusi intensif dan penyempurnaan proposal penelitian mahasiswa.

-

14

Presentasi Proposal Penelitian Final
• Mahasiswa mempresentasikan proposal final yang sudah disempurnakan.

-

15

Refleksi Akhir: Masa Depan Sosiologi Komunikasi dan Dakwah
• Sintesis Pembelajaran.
• Arah Penelitian dan Pengabdian Masa Depan.

-

16

Ujian Akhir Semester

-

D. Penilaian dan Evaluasi (Aligning dengan CPMK):

No

Komponen Penilaian

Bobot

Bentuk Tugas

Keterkaitan dengan CPMK

1

Partisipasi & Pemimpin Diskusi

15%

Keaktifan dalam diskusi kelas dan memimpin diskusi satu topik.

CPMK-1, CPMK-2

2

Critical Review Jurnal

20%

Mereview 2 jurnal internasional terkait topik perkuliahan dengan sudut pandang Teo-Antropo-Ekosentris. (1000-1500 kata).

CPMK-1, CPMK-2

3

Analisis Kasus

25%

Makalah analisis terhadap satu fenomena aktual (misal: kasus hoaks agama, dakwah ekologi suatu komunitas, dll.) menggunakan teori sosiologi dan paradigma Teo-Antropo-Ekosentris. (2000-2500 kata).

CPMK-2, CPMK-3

4

Proposal Penelitian Final

40%

Proposal penelitian lengkap (Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tinjauan Pustaka, Metode) yang siap untuk dijadikan disertasi atau paper publikasi.

CPMK-3, CPMK-4

E. Rincian Tugas untuk Setiap Pertemuan (Pembelajaran Berbasis OBE):

  • Pertemuan 1-3: Tugas menelaah teori-teori dasar dasar dan menyiapkan 3 pertanyaan reflektif untuk didiskusikan di kelas.
  • Pertemuan 4: Tugas 1 (Critical Review Jurnal) - Mencari dan mereview jurnal tentang "Mediatisasi Dakwah".
  • Pertemuan 5: Diskusi kelompok tentang studi kasus polarisasi media sosial di Indonesia.
  • Pertemuan 6: Tugas 2 (Analisis Kasus) - Memilih satu isu (gender/kelas) dan menganalisisnya melalui perspektif sosiologi komunikasi.
  • Pertemuan 7: Diskusi dan refleksi: "Bagaimana merumuskan fikih ekologi untuk konteks Indonesia?"
  • Pertemuan 8: Presentasi Proposal Awal - Setiap mahasiswa presentasi 10 menit + 10 menit diskusi.
  • Pertemuan 9-10: Workshop analisis data dari contoh kasus nyata.
  • Pertemuan 11-13: Konsultasi individu dan kelompok untuk penyempurnaan proposal.
  • Pertemuan 14: Presentasi Proposal Final.
  • Pertemuan 15: Refleksi tertulis individu tentang pembelajaran selama satu semester.

F. Referensi:

[1] Utama:

  • 1. Sarbini, Ahmad (2021), Sosiologi Dakwah, Edisi Revisi, Cetakan I, Simbios Rekatama Media
  • 2. Turner, Jonathan H.  (2001). Handbook of Sociological Theory. Springer
  • 3. Perdue, William D. (1986). Sociological Theory: Explanation,  Paradigm and Ideology. Mayfield Publishing Company 
  • 4. Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. Anchor Books.
  • 5. Castells, M. (2010). The Rise of the Network Society (2nd ed.). Wiley-Blackwell.
  • 6. Cresswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
  • 7. Hidayat, K., & Hafidhuddin, D. (2021). Dakwah dan Tantangan Era Digital. PT RajaGrafindo Persada.
  • 8. Nasr, S. H. (1996). Religion and the Order of Nature. Oxford University Press.

[2] Pendukung (Relevan dengan Teo-Antropo-Ekosentris & Isu Aktual):

  • 9. Ammerman, N. T. (Ed.). (2006). Everyday Religion: Observing Modern Religious Lives. Oxford University Press.
  • 10. Kersten, C. (2017). Islam and the Devout Society: The Islamist Project of Morality and Welfare in Indonesia. Routledge. (Membahas dakwah dan isu sosial).
  • 11. Postill, J. (2018). The Rise of Nerd Politics: Digital Activism and Political Change. Pluto Press. (Relevan untuk aktivisme digital termasuk keagamaan).
  • 12. Rizki, Juni Wati Sri. (2016). Kepemilikan Media dan Ideologi Pemberitaan. Deepublish

[3] Jurnal Ilmiah:

  • Journal of Communication and Religion
  • Journal of Contemporary Religion
  • Journal of Sociology of Islam (Brill)
  • Indonesian Journal of Communication and Media Studies
  • Journal of Digital Social Research

Post a Comment

0 Comments